Sabtu, 13 Juni 2015

Status Symbol

status symbol adalah kenampakan lahiriah yang biasanya kelihatan dilakukan atau dipakai oleh orang-orang dalam status tertentu.
misalnya symbol dari status orang kaya adalah memiliki rumah mewah, mobil mewah, dan rekreasi ke luar negeri.
misalnya symbol dari status ustadz adalah berbaju koko, bersorban, berjubah, dan membawa tasbih.
nah, untuk menunjukkan eksistensinya, seseorang banyak yang terjebak untuk berusaha keras mewujudkan status symbol orang kaya, agar kelihatan oleh publik sebagai orang kaya.
supaya disebut orang kaya, berusaha membangun rumahnya dengan model mutakhir.
supaya disebut orang kaya, berusaha memiliki mobil mewah.
supaya disebut orang sukses dan kaya berusaha bisa rekreasi ke luar negeri, belanja baju di Paris, jalan-jalan di tembok besar China, ataupun mengunjungi Amerika Serikat.
status ibaratnya isi, atau kemampuan sebenarnya,
sedangkan status symbol adalah kulit, atau kenampakannya.
orang kaya yang benar-benar kaya tidak merasa kesulitan untuk membangun rumah mewah, membeli mobil mewah, dan rekreasi ke luar negeri, karena kemampuan finansial mereka memang sudah lebih dari orang kaya pada umumnya.
nah, yang terkadang membuat seseorang hidupnya menderita, selalu was-was dan cemas, adalah kenyataan kemampuan finansialnya belum cukup untuk membeli rumah dan mobil mewah serta belum cukup untuk rekreasi ke luar negeri, tetapi memaksakan diri untuk tampil seperti itu, demi nampak oleh publik disebut sebagai orang kaya. sehingga mungkin dengan jalan berhutang pada bank dalam jumlah besar, yang akhirnya kesulitan membayar angsuran tiap bulannya.
sehingga nampak di publik sebagai orang kaya, tetapi sebenarnya rapuh di dalam, dan hidupnya tidak bahagia.
menjelang lebaran, menjelang mudik, biasanya banyak orang yang dengan berbagai cara agar nampak oleh publik sebagai orang kaya.
hati-hatilah dengan kecenderungan ini, susah senangnya hidup adalah dinikmati dan dirasakan sendiri oleh kita dan keluarga kita, sehingga buat apa nampak sebagai orang kaya tetapi sebenarnya malah menderita.
bayang-bayang sepanjang badan.

Tidak ada komentar: